Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Masa Rekalsifikasi


Masa rekalsifikasi merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menyusun fibrin dari plasma rendah trombosit dan Ca2+ dengan adanya CaCl2. Pemeriksaan ini digunakan untuk mencari adanya kekurangan faktor-faktor pembekuan darah pada jalur intrinsik yaitu faktor pembekuan V,VIII,IX,X,XI,XII,protrombin dan fibrinogen.
Selain faktor tersebut ,masa rekalsifikasi juga dipengaruhi oleh jumlah trombosit. Makin banyak trombosit, makin singkat masa rekalsifikasi. Untuk itu dalam pemeriksaan ini dianjurkan memakai plasma rendah trombosit.
Faktor yang dapat mempengaruhi pemeriksaan:
Ø  Pembekuan sampel darah
Ø  Sampel darah hemolisis atau berbusa akibat dikocok
Ø  Pengambilan sampel darah pada intravena lines
Reaksi-reaksi pada jalur intrinsik digerakkan oleh banyak stimuli yang belum dimengerti dengan jelas. Dua peristiwa yang terjadi adalah perubahan trombosit dan pengaktifan faktor VIII. Perubahan trombosit menghasilkan penggumpalan trombosit yang menetap dan pelepasan secara selektif komponen-komponen tertentu antara lain fosfolipid (platelet faktor III),setelah pengaktifan faktor VIII bersama faktor IX membentuk produk aktivasi, kontak, faktor-faktor pembekuan IX,VIII,fosfolipid dan ion calsium merubah protrombin menjadi trombin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar