Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

pemeriksaan albumin


Fungsi Albumin

·         Mengusung hormon tiroid
·         Mengusung hormon lain, khususnya yang dapat larut dalam lemak
·         Mengusung asam lemak menuju hati
·         Mengusung obat-obatan dan memperpendek waktu paruh obat tersebut
·         Mengusung bilirubin

Faktor yang dapat mempengaruhi temuan laboratorium :
·             Diet tinggi lemak sebelum dilakukan pemeriksaan.
·             Sampel darah hemolisis.
·             Pemipetan yang tidak tepat
·         Albumin merupakan jenis protein terbanyak di dalam plasma yang mencapai kadar 60 persen. Protein yang larut dalam air dan mengendap pada pemanasan itu merupakan salah satu konstituen utama tubuh. Ia dibuat oleh hati. Karena itu albumin juga dipakai sebagai tes pembantu dalam penilaian fungsi ginjal dan saluran cerna.Kalau Anda sulit membayangkan rupa albumin, bayangkanlah putih telur.
·         Berat molekulnya bervariasi tergantung spesiesnya—terdiri dari 584 asam amino. Golongan protein ini paling banyak dijumpai pada telur (albumin telur), darah (albumin serum), dalam susu (laktalbumin). Berat molekul albumin plasma manusia 69.000, albumin telur 44.000, dalam daging mamalia 63.000.
·         Albumin memiliki sejumlah fungsi. Pertama, mengangkut molekul-molekul kecil melewati plasma dan cairan sel. Fungsi ini erat kaitannya dengan bahan metabolisme—asam lemak bebas dan bilirubuin—dan berbagai macam obat yang kurang larut dalam air tetapi harus diangkat melalui darah dari satu organ ke organ lainnya agar dapat dimetabolisme atau diekskresi. Fungsi kedua yakni memberi tekanan osmotik di dalam kapiler.
·         Albumin bermanfaat dalam pembentukan jaringan sel baru. Karena itu di dalam ilmu kedokteran, albumin dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah, misalnya karena operasi, pembedahan, atau luka bakar. Faedah lainnya albumin bisa menghindari timbulnya sembab paru-paru dan gagal ginjal serta sebagai carrier faktor pembekuan darah.
·         Pendeknya, albumin memiliki aplikasi dan kegunaan yang luas dalam makanan atau pangan serta produk farmasi. Dalam produk industri pangan albumin, antara lain, berguna dalam pembuatan es krim, bubur manula, permen, roti, dan podeng bubuk.
·         Sedangkan dalam produk farmasi, antara lain, dimanfaatkan untuk pengocokan (whipping), ketegangan, atau penenang dan sebagai emulsifier. Kadar albumin yang rendah dapat dijumpai pada orang yang menderita: penyakit hati kronik, ginjal, saluran cerna kronik, infeksi tertentu.
http://sariikankutuk.com/index.php?option=com_content&view=article&id=52&Itemid=65

Menetapkan Kadar Hemoglobin [Hb] Dengan larutan kuprisulfat (CuSO4), ini adalh metode peneliaan perkiraan. Metode ini sering di gunakkan dalam pemeriksaan Hb saat donor darah karena proses yang cepat dan tidak memakan waktu yang lama dan tidak begitu ribet, seperti Hb Sahli dengan pemipetan taupun Siameth yang menggunakkan fotometer.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar