Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Masa Rekalsifikasi


Masa rekalsifikasi merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menyusun fibrin dari plasma rendah trombosit dan Ca2+ dengan adanya CaCl2. Pemeriksaan ini digunakan untuk mencari adanya kekurangan faktor-faktor pembekuan darah pada jalur intrinsik yaitu faktor pembekuan V,VIII,IX,X,XI,XII,protrombin dan fibrinogen.
Selain faktor tersebut ,masa rekalsifikasi juga dipengaruhi oleh jumlah trombosit. Makin banyak trombosit, makin singkat masa rekalsifikasi. Untuk itu dalam pemeriksaan ini dianjurkan memakai plasma rendah trombosit.
Faktor yang dapat mempengaruhi pemeriksaan:
Ø  Pembekuan sampel darah
Ø  Sampel darah hemolisis atau berbusa akibat dikocok
Ø  Pengambilan sampel darah pada intravena lines
Reaksi-reaksi pada jalur intrinsik digerakkan oleh banyak stimuli yang belum dimengerti dengan jelas. Dua peristiwa yang terjadi adalah perubahan trombosit dan pengaktifan faktor VIII. Perubahan trombosit menghasilkan penggumpalan trombosit yang menetap dan pelepasan secara selektif komponen-komponen tertentu antara lain fosfolipid (platelet faktor III),setelah pengaktifan faktor VIII bersama faktor IX membentuk produk aktivasi, kontak, faktor-faktor pembekuan IX,VIII,fosfolipid dan ion calsium merubah protrombin menjadi trombin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

faktor- faktor pembekuan darah


Faktor-faktor Pembekuan Darah
Fibrinogen:sebuah factor koagulasi yang tinggi berat molekul protein plasma dan diubah menjadi fibrin melalui aksi trombin. Kekurangan faktor ini menyebabkan masalah pembekuan darah afibrinogenemia atau hypofibrinogenemia.
Prothrombin: sebuah faktor koagulasi yang merupakan protein plasma dan diubah menjadi bentuk aktiftrombin (faktorIIa) oleh pembelahan dengan  mengaktifkanfaktor X (Xa) di jalur umum dari pembekuan. Fibrinogen trombin kemudian memotong kebentuk aktif fibrin.Kekurangan faktor menyebabkan hypoprothrombinemia.
Jaringan Tromboplastin: koagulasi faktor yang berasal dari beberapa sumber yang berbeda dalamtubuh, seperti otak dan paru-paru; Jaringan Tromboplastin penting dalam pembentukan prothrombin ekstrinsik yang mengkonversi prinsip di Jalur koagulasi ekstrinsik. Disebut juga faktor jaringan.
Kalsium: sebuah faktor koagulasi diperlukan dalam berbagai fase pembekuan darah.
Proaccelerin: sebuah faktor koagulasi penyimpanan yang relatif labil dan panas, yang hadir dalam plasma, tetapi tidak dalam serum, dan fungsi baik di intrinsik dan ekstrinsik koagulasi jalur. Proaccelerin mengkatalisis pembelahan prothrombintrombin yang aktif.Kekurangan faktorini, sifatresesif autosomal, mengarah pada kecenderungan berdarah yang langka yang disebut parahemophilia, dengan berbagai derajat keparahan.Disebutjuga akselerator globulin.
Proconvertin: sebuah faktor koagulasi penyimpanan yang relatif stabil dan panas dan berpartisipasi dalam Jalur koagulasi ekstrinsik. Hal inidiaktifkan oleh kontak dengan kalsium, dan bersama dengan mengaktifkan faktor III itufaktor X. Defisiensi faktor Proconvertin, yang mungkin herediter (autosomal resesif) atau diperoleh (yang berhubungan dengan kekurangan vitamin K), hasil dalam kecenderungan perdarahan. Disebutjuga serum prothrombin konversi faktor akselerator dan stabil.
Antihemophilic faktor, sebuah faktor koagulasi penyimpanan yang relatif labil dan berpartisipasi dalam jalur intrinsik dari koagulasi, bertindak (dalamkonser dengan faktor von Willebrand) sebagai kofaktor dalam aktivasi faktor X. Defisiensi, sebuah resesif terkait-X sifat, penyebab hemofilia A. Disebut juga anti hemophilic globulin dan faktor antihemophilic A.
Tromboplastin Plasma komponen, sebuah faktor koagulasi penyimpanan yang relatif stabil dan terlibat dalam jalur intrinsik dari pembekuan.Setelah aktivasi, diaktifkan Defisiensifaktor X. hasil di hemofilia B. Disebut juga faktor Natal dan faktor antihemophilic B.
Stuart faktor, sebuah faktor koagulasi penyimpanan yang relatif stabil dan berpartisipasi dalam baik intrinsik dan ekstrinsik jalur koagulasi, menyatukan mereka untuk memulai jalur umum dari pembekuan.Setelah diaktifkan, membentuk kompleks dengan kalsium, fosfolipid, dan faktor V, yang disebut prothrombinase; hal ini dapat membelah dan mengaktifkan prothrombin untuk trombin.Kekurangan faktor ini dapat menyebabkan gangguan koagulasi sistemik.Disebutjuga Prower Stuart-faktor.Bentuk yang diaktifkan disebutjuga thrombokinase.
Tromboplastin plasma, faktor koagulasi yang stabil yang terlibat dalam jalur intrinsik dari koagulasi; sekali diaktifkan, itu mengaktifkan faktor IX.Lihat juga kekurangan faktor XI.Disebut juga faktor antihemophilic C.
Hageman faktor: faktor koagulasi yang stabil yang diaktifkan oleh kontak dengan kaca atau permukaan asing lainnya dan memulai jalur intrinsik dari koagulasi dengan mengaktifkan faktor XI. Kekurangan faktor ini menghasilkan kecenderungan trombosis.
Fibrin-faktor yang menstabilkan, sebuah faktor koagulasi yang merubah fibrin monomer untuk polimer sehingga merekamen jadi stabil dan tidak larut dalam urea, fibrin yang memungkinkan untuk membentuk pembekuan darah.Kekuranganfaktorini memberikan kecenderungan seseorang hemorrhagic.Disebut juga fibrinase dan protransglutaminase.Bentuk yang diaktifkan juga disebut transglutaminase.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS